KONSELING INDIVIDU TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENGURANGI PERILAKU OFF TASK SISWA KELAS VII-D SMP NEGERI 2 GRESIK

  • DWI PUTRI SINTIASARI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Perilaku off task adalah perilaku siswa yang tidak diharapkan kemunculannya pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kebiasaan dari perilaku off task dapat mengakibatkan suasana kelas menjadi tidak kondusif dan mengganggu teman di kelas sehingga tujuan belajar tidak bisa tercapai dengan optimal serta prestasi belajar siswa akan menurun. Kondisi ini yang terjadi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku off task siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Gresik setelah diberikan perlakuan konseling individu teknik kontrak perilaku.

Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Design dengan desain A-B. Subyek dalam penelitin ini 4 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dimana analisis perubahan data dilakukan dalam satu kondisi yaitu kondisi baseline atau kondisi intervensi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan rata-rata skor pada fase baseline dan fase intervensi setiap subyek. Subyek MB memiliki rata-rata skor 9,4 pada fase baseline menjadi 6,35 pada fase intervensi, subyek MA memiliki rata-rata skor 9,2 pada fase baseline menjadi 7,1 pada fase intervensi, subyek AZ memiliki rata-rata skor 11,8 pada fase baseline menjadi 9,6 pada fase intervensi. dan subyek IB memiliki rata-rata skor 11,42 pada fase baseline menjadi 9,85 pada fase intervensi. Dari hasil penelitian tersebut terdapat pengurangan skor dari fase baseline ke fase intervensi sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan perilaku off task siswa setelah diberikan perlakuan yaitu konseling individu teknik kontrak perilaku.

Kata kunci: Konseling Individu, Kontrak Perilaku, Perilaku Off Task

Published
2018-12-13
Section
Articles
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 438