PENGEMBANGAN APLIKASI NEED ASSESSMENT SISWA UNTUK PENYUSUNAN PROGRAM BK DI SMK
Abstract
Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi Angket Kebutuhan Peserta Didik yang bertujuan untuk memberikan alternatif pada guru Bimbingan dan Konseling dalam pembuatan program kerja tahunan dengan media sebuah aplikasi. Pengembangan aplikasi Angket kebutuhan Peserta Didik mengacu pada teori Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov (2008) yang meliputi 1). Analisis produk yang akan dikembangkan, 2) menyusun draft produk awal, 3) validasi ahli dan revisi produk dan 4) Uji coba produk dan revisi produk
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Nilai yang diperoleh dari validator ahli materi meliputi aspek kegunaan dengan rerata sebesar 93,8%, aspek kelayakan dengan rerata 100%, aspek ketepatan dengan rerata 93,8% dan aspek kepatutan dengan rerata sebesar 87,5%. Hasil rerata secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 94,6% yang menunjukkan kriteria sangat baik dan tidak perlu direvisi. Selanjutnya, penilaian dari validator ahli media aspek kegunaan dengan rerata sebesar 75% ,aspek kelayakan dengan rerata 83, aspek ketepatan dengan rerata 94% dan aspek kepatutan dengan rerata sebesar 96. Hasil penilaian tersebut jika di rerata secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 89% yang menunjukkan kriteria sangat baik dan tidak perlu direvisi. Terakhir, penilaian dari calon pengguna yaitu guru Bimbingan dan Konseling meliputi aspek kegunaan dengan rerata sebesar 100%, aspek kelayakan dengan rerata 93,8%, aspek ketepatan dengan rerata 100% dan aspek kepatutan dengan rerata sebesar 100%. Hasil rerata secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 98% yang menunjukkan kriteria sangat baik dan tidak perlu direvisi.
Kata kunci : Pengembangan, Need assessment, Program BK
Downloads
Abstract views: 269
,
PDF Downloads: 1474