PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BRAIN GYM GAME UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Ferdhiana Putri Wahyu Santosa
  • EKO DARMINTO

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok teknik Brain Gym game efektif untuk meningkatkan tingkat konsentrasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen yaitu,one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan inventori tingkat konsentrasi belajar. Inventori yang digunakan telah divalidasi dengan koefisiensi alfa cronbach sebesar 0.786. Data hasil dari penelitian di analisis menggunakan statistik non parametrik dengan uji wilcoxon. Hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok teknik Brain Gym game dapat meningkatkan tingkat konsentrasi belajar peserta didik dengan taraf signifikan ? = 0.027 dan ? = 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, bimbingan kelompok teknik Brain Gym game dapat menjadi salah satu alternatif konselor untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik. Namun, dalam penelitian ini juga masih memiliki kekurangan karena dalam penelitian ini tidak menggunakan kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Sehingga penelitian ini masih dapat di uji lagi dengan metode dan sampel yang berbeda.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Brain Gym, Konsetrasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-03-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 89 , PDF Downloads: 269