PENERAPAN KONSELING KELOMPOK GESTALT UNTUK MENURUNKAN PERILAKU MEMBOLOS PADA SISWA KELAS VII-A MTS RADEN PAKU WRINGINANOM GRESIK

  • FIRMAN PANCA SEKTI A

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji penerapan konseling kelompok Gestalt menurunkan perilaku membolos pada siswa kelas VII-A MTs Raden Paku Wringinanom Gresik. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa pre-test and post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat perilaku membolos kelas VII-A MTs Raden Paku Wringinanom. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII-A MTs Raden Paku Wringinanom yang teridentifikasi memiliki skor perilaku membolos yang tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu non parametrik dengan analisis statistik uji tanda . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh ρ = 0,031 dengan taraf kesalahan α = 5% atau 0,05 maka ρ < α. Dari hasil analisis tersebut dapat dilihat adanya penurunan skor setelah diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok Gestalt dapat menurunkan perilaku membolos pada siswa kelas VII-A MTs Raden Paku Wringinanom Gresik.

Kata Kunci: Konseling kelompok Gestalt, perilaku membolos

 

Abstract

The purpose of this research is to examine the application of Gestalt group counseling to decrease truant behavior to the students of 7th grade (VII-A) in MTs Raden Paku Wringinanom. The design of the research is pre experimental with pre test post and test one group design. Questionnaire was used as the method to collect the data to find out the truant behavior degree in class of VII-A in MTs Raden Paku Wringinanom. The subjects in this reasearch is 5 students from VII-A Class in MTs Raden Paku Wringinanom which was identified as having a high score of truant behavior. The data was analyzed by non parametric analysis using the sign test. From the data analysis result obtained ρ = 0,031 with the error degree of α = 5% or 0,05, then obtained that ρ < α. From the analysis obtained showed that there was a score reduction. So it can be concluded that the application of  gestalt group counseling can decrease truant behavior to the students of 7th grade (VII-A) in MTs Raden Paku Wringinanom.

Keywords: Gestalt group counseling, Truant behavior.

Published
2013-05-28
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 234