PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOME ROOM UNTUK MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 TANJUNGANOM NGANJUK

  • RATIH FEBRI ASTARI

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik  home room untuk meningkatkan sikap mandiri pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjunganom, Nganjuk. Dari hasil analisis pre test angket diketahui subjek dalam penelitian berjumlah delapan siswa kelas VII SMP yang mempunyai sikap kemandirian rendah seperti hanya ikut-ikutan teman, sulit mengarahkan dirinya dan kurang bertanggung jawab dalam perilakunya. Setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok teknik home room, hasil post test menunjukkan adanya peningkatan sikap mandiri terhadap delapan subjek penelitian tersebut. Jenis penelitian ini adalah pre test post test one gruop design. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan uji tanda wilcoxon. Hasil analisis data pre test dan  post test, dengan  uji tanda wilcoxon,  dapat diketahui bahwa Thitung = 0. Bila taraf kesalahan sebesar 5% dan N=8 maka diperoleh nilai Ttabel =4, dengan demikian (Thitung<Ttabel) atau (0<4), jadi Hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut adanya peningkatan  hasil skor secara signifikan, sikap mandiri siswa setelah diadakan bimbingan kelompok teknik home room pad siswa kelas VII SMP 1 Tanjunganom, Nganjuk.

 

Kata kunci: Bimbingan kelompok teknik home room, sikap mandiri

 

ABSTRACT

The purpose of the research was to know the application of group guidance home room technique to improve independent attitude in class VII at state junior high school 1 Tanjunganom, Nganjuk. The analysis based on the pre test questionnaire, the researcher found eight students of class VII at state junior high school have such low self-reliance attitude just went along with friends, hard drive itself and less responsible behavior. After the students were given home room technique, the result of the post test shows that there is an improvement of students independent attitudes. This research is one gruop pre test post test design. The data analysis is sign test Wilcoxon, it can be know that the lowest score Tcount=0 If (α) mistake level 5%, When the error level of 5% and N= 8 the obtained values ​​Ttable = 4, so it can be concluded Tcount <TTable or (0 <4), so the nil hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. It can be concluded that the use of group guidance home room techniques can improve students independent attitude class VII at state junior high school 1Tanjunganom Nganjuk. 

 

Keywords: home room tecniques, independent attitudes

Published
2013-05-28
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 117