PENERAPAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU YANG TIDAK DIKEHENDAKI (OFF-TASKS) PADA PEMBELAJARAN SISWA DI KELAS ATLET VIII-A SMPN 3 GRESIK

  • YENNI ANDIANI
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Off-tasks adalah perilaku memalingkan perhatian dari tugas, tidak memperhatikan dan siswa mengalami kebingungan pada suatu pelajaran yang tidak berhubungan dengan pembelajaran yang terjadi di kelas sehingga dapat menganggu proses belajar siswa di sekolah. Perilaku off-tasks ini sering terjadi di sekolah yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran di dalam kelas menjadi terhambat. Penelitian ini berfokus pada 2 perilaku off-tasks yaitu berbicara sendiri dengan temanya pada saat jam pelajaran berlangsung dan meninggalkan tempat duduk tanpa izin guru. Perilaku ini terjadi di kelas atlet VIII SMPN 3 Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku yang tidak dikehendaki (off-tasks) pada pembelajaran siswa di kelas atlet VIII-A SMPN 3 Gresik setelah diberikan perlakuan dengan teknik self-management.

Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Design dengan menggunakan desain A-B. Pada penelitian ini berfokus kepada 4 subyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan keempat subyek mengalami perubahan sehingga terdapat penurunan rata-rata skor untuk fase baseline maupun fase intervensi. Subyek yang pertama SNL pada fase baseline memiliki rata-rata skor 13, pada fase intervensi rata-rata skor 12,5. Subyek yang kedua SH pada fase baseline memiliki rata-rata skor 10, pada fase intervensi rata-rata skor 8,3. Subyek yang ketiga VC pada fase baseline memiliki rata-rata skor 12,42, pada fase intervensi rata-rata skor 10,85. Subyek yang terakhir TWRA pada fase baseline memiliki rata-rata skor 9,7, pada fase intervensi rata-rata skor 7,6. Data ini menunjukkan bahwa keempat subyek mengalami penurunan pada masa intervensi dan penurunanya bersifat positif bagi subyek. Dapat disimpulkan terdapat penurunan rata-rata skor pada perubahan perilaku off-tasks dari keempat subyek SNL, SH, VC dan TWRA setalah diberikan perlakuan konseling individu dengan menggunakan teknik self-management.

Kata Kunci: Self-Management, Perilaku Off Task

Published
2019-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 120
PDF Downloads: 170