PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DI RUMAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MENGANTI GRESIK

  • SUMARLIK
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan penerapan teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan manajemen waktu belajar di rumah pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen yakni one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah tujuh peserta didik yang diambil dengan cara purposive sampling dari salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Gresik. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan dianalisis melalui statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon signed rank tes. Dari hasil analisis statistik diperoleh hasil bahwa manajemen waktu belajar pada siswa meningkat secara signifikan, dengan signifikansi pada ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05. Diperoleh hasil asymp.sig (2-tailed) bernilai ρ = 0,018. Maka nilai 0,018 lebih kecil dari nilai taraf kesalahan 0,05. Berdasarkan hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan manajemen waktu belajar pada siswa. Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dipaparkan maka diajukan dua rekomendasi, yakni pertama kepada guru BK atau konselor dapat menggunakan teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok untuk menangani permasalahan siswa yang berkaitan dengan manajemen waktu belajar. Kedua penelitian ini terbuka untuk di kaji ulang dengan menggunakan metode dan sampel yang berbeda.

Kata Kunci : manajemen waktu belajar, teknik mind mapping dalam bimbingan kelompok
Published
2019-05-13
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 1313