PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENURUNKAN TINGKAT KETERLAMBATAN SISWA SMA NEGERI 1 GRESIK

  • SEPTI PRATIWI
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Perilaku terlambat merupakan suatu tindakan yang menyimpang dengan datang ke sekolah melewati batas waktu yang di tentukan oleh pihak sekolah dan disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah kurangnya tanggung jawab pada diri siswa. Keterlambatan memang bukan termasuk pelanggaran yang berat, namun jika tidak segera diatasi dan ditindak lanjuti akan berdampak negatif bagi perkembangan dan prestasi belajar siswa. Kondisi seperti ini terjadi pada siswa di SMA Negeri 1 Gresik . Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi.

Tujuan dari penelitian ini yaitu digunakan untuk menguji penerapan dari konseling kelompok Realita untuk mengurangi tingkat keterlambatan pada siswa SMA Negeri 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan desain subjek tunggal dengan jumlah subjek sebanyak 3 orang. Dari hasil level stabilitas ketiga subjek di fase baseline (A) 87% dan di fase intervensi (B) 75%, pada perubahan level ketiga subjek menunjukan level (+) yang artinya adalah ada perubahan yang membaik dari siswa. Dan pada hasil rekaptulasi jejak data pada grafik fase intervensi adalah ( ) mengalami penurunan pada perilaku siswa terlambat. Maka dijelaskan bahwa adanya perubahan hasil skor dan grafik pada perilaku terlambat sebelum dan sesudah diberi konseling realita.

Kata kunci : konseling kelompok realita, perilaku terlambat
Published
2019-05-14
Section
Articles
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 450