PENGEMBANGAN BUKU CERITA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI EMOSIONAL DENGAN TEKNIK METAFORA PADA SISWA KELAS X DI SMA TRIMURTI SURABAYA

  • SANTI CAHYA PANGASTUTI
  • WIRYO NURYONO

Abstract

Literasi emosional merupakan kemampuan memahami diri sendiri dan orang lain mengenai keadaan emosional. Kompetensi dalam literasi emosional mencakup kemampuan untuk memahami, mengekspresikan dan mengelola emosi diri sendiri dan menanggapi emosi orang lain dengan cara yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Teknik metafora merupakan bentuk bahasa, sarana komunikasi yang ekspresif yang dapat digunakan dalam proses terapi.

Tujuan dalam penelitian pengembangan buku cerita ini adalah untuk meningkatkan literasi emosional siswa kelas X di SMA Trimurti Surabaya. Selain itu, buku cerita dapat digunakan sebagai media oleh guru BK dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling. Jenis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah angket.

Hasil penilaian yang dilakukan oleh validator ahli materi mendapatkan presentase 83,95% dengan kategori sangat layak. Lalu penilaian yang dilakukan oleh validator ahli media mendapatkan presentase 87,5% dengan kategori sangat layak. Dan hasil penilaian calon pengguna (guru BK) mendapatkan presentase 87,08% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan penelitian pengembangan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa buku cerita literasi emosional telah memenuhi kriteria aksseptabilitas yang meliputi aspek kegunaan, aspek kelayakan, aspek ketepatan, dan aspek kepatutan. Buku cerita literasi emosional telah diperbaiki sesuai dengan masukan, kritik dan saran yang diberikan oleh ahli materi, ahli media, dan calon pengguna (guru BK).

Kata Kunci: Pengembangan, Literasi Emosional, Teknik Metafora

Published
2019-05-20
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 147