PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SOSIALISASI BK “IT’S ME” (INFORMASI BK DAN KUESIONER KEPRIBADIAN BERBASIS SOFTWARE) PADA SISWA SMKN 12 SURABAYA

  • LAILATUL ROFI'AH KUSUMA WARDAN

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software multimedia sosialisasi BK bernama “IT’S ME” yang berisi informasi BK dan kuesioner kepribadian sebagai upaya inovatif untuk mengurangi prasangka negatif terhadap BK pada siswa SMKN 12 Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan R&D (research and development) atau penelitian pengembangan. Pengukuran visibilitas atau evaluasi formatif terhadap kelayakan produk dilakukan dengan review dari 3 ahli materi, 3 ahli media dan 1 ahli bahasa. Sedangkan dalam uji coba produk, digunakan 2 siswa pada uji klinis/perseorangan, 4 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 24 siswa pada uji lapangan/kelompok besar. Data yang diperoleh adalah data skor kelayakan produk (kuantitatif) dan data respon pengguna (kualitatif) yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen validasi berbentuk angket, serta hasil wawancara dan observasi. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis isi dan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menyatakan bahwa prototipe Multimedia Sosialisasi BK “IT’S ME” yang dikembangkan sangat layak guna ditinjau dari segi konseptual dengan skor total 87% (sangat layak), dari segi permediaan dengan perolehan 85% atau sangat baik,  dan dari segi kebahasaan 96,7% (sangat baik). Para pengguna
“IT’S ME” juga menyatakan bahwa media ini menarik, mudah digunakan dan bermanfaat bagi siswa dibuktikan dengan respon positif siswa dan skor uji coba perseorangan sebesar 81,5% (sangat baik), pada uji coba kelompok kecil didapatkan hasil yang juga baik, yakni 77%. Terakhir, pada uji lapangan didapatkan hasil rata-rata hitung sebesar 62,5 atau sangat baik, yang artinya Multimedia sosialisasi BK “IT’S ME” sangat layak digunakan untuk upaya sosialisasi BK pada siswa SMK 12 Surabaya.

 

Kata Kunci: Multimedia Sosialisasi BK, Pengembangan Software BK.

 

ABSTRACT

 

The purpose of this research is to develop a software of multimedia guidance and counseling socialization called “IT’S ME” that contains of Guidance and Counseling information and personality questionnaires as innovative effort to reduce Prejudice negative of Guidance and Counseling in Vocational High School 12 Surabaya. This Research is done with R&D or research and development approaches method. The Visibility measurement or formative evaluation of product feasibility is done by a review from 3 matter experts, 3 media experts, and 1 linguistic expert. Then in the product trial test, uses 2 students on clinical trial/individual, 4 students on small group trial, and 24 students on field test/large group test. The acquired data is score of product feasibility (quantitative) and user response data (qualitative) were collected using a questionnaire form validation instrument, and also interviews and observations data. The data were analyzed using content analysis techniques and descriptive percentage analysis techniques. The results stated that a prototype of Multimedia Guidance and Counseling Socialization “IT’S ME” developed very proper to use from conceptual point of view with a total score of 87% (very proper), from media point of view obtained score 85% or excellent, and from linguistic point of view obtained 96,7% (excellent score). The users of  “IT’S ME” also said that the media is exciting, easy to use and useful for students as evidenced by the positive response of students and excellent individual trial scores (81.5%), on a small group trial, it’s also obtained good results at 77%. And the last, on the field test obtained average score of 62.5 or excellent, that means Multimedia socialization BK “IT’S ME” is eligible for the socialization efforts of Guidance and Counseling in Vocational High School 12 Surabaya.

Keyword: Multimedia socialization of guidance and counseling, Development of Guidance and counseling software.

Published
2013-05-28
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 73