PENGEMBANGAN PAKET PELATIHAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM BIMBINGAN KLASIKAL PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 22 SURABAYA

  • ANANDA FEBRILINA SUBIANTARA
  • RETNO TRI HARIASTUTI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan paket pelatihan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Paket ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan memberikan media pada pelaksanaan bimbingan klasikal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian pada paket pelatihan keterampilan berpikir kritis yang mencakup aspek akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, ketepatan, kepatutan) yang meliputi angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket validasi pengguna. Hasil rekapitulasi penilaian dari ahli materi dan pengguna menunjukkan bahwa terdapat tujuh belas butir pernyataan yang bersifat positif sehingga skor CVI (Content validity index) yang diperoleh sebesar 0,772. Berdasarkan skor CVI (Content validity index) dari penilaian ahli materi dan pengguna dapat dikategorikan bahwa produk sangat sesuai dan memenuhi aspek akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, kepatutan, ketepatan). Selain itu hasil rekapitulasi dari penilaian ahli media juga memperoleh skor CVI (Content validity index) sebesar 0,789 yang juga dapat dikategorikan bahwa produk sangat sesuai dan layak untuk digunakan. Hasil implementasi paket pelatihan keterampilan berpikir kritis menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Kata Kunci: Pengembangan, Paket, Keterampilan, Berpikir Kritis

Published
2019-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 195