PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII-F DI SMP NEGERI 1 GRESIK

  • MOCHAMAD AMIN ZAIDI
  • RETNO TRI HARIASTUTI

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah proses penyampaian dan penerimaan pesan anatara pengirim pesan (sender) dengan penerima (receiver) baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan pre experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Dengan subyek yang memiliki komunikasi interpersonal kategori rendah sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket komunikasi interpersonal dengan 60 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji tanda. Dari hasil analisis data, dengan melihat tabel tes binominal probabilities dengan ketentuan N = 8 x = 0 maka diperoleh p (kemungkinan harga dibawah ) = 0,003. Bila dalam ketetapan taraf kesalahan sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,003 < 0,05. Berdasarkan hal ini maka hipotesis penelitian yang berbunyi “Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Gresik” diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII-F di SMP Negeri 1 Gresik.

Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Komunikasi Interpersonal

Published
2019-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 173