PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING DI SMAN 12 SURABAYA

  • DEWI SOFIYANTI
  • RETNO TRI HARIASTUTI

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan paket bimbingan keterampilan public speaking memenuhi kriteria akseptabilitas yang terdiri dari kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall (1989) namun hanya dilakukan sampai 5 tahap yang meliputi studi pendahuluan dan mengumpulkan informasi (Need Assesment), melakukan perencanaan produk, mengembangkan produk awal, uji validasi materi media dan calon pengguna, dan merevisi produk. Hasil analisis dari Paket Bimbingan Keterampilan public speaking di SMAN 12 Surabaya menunjukan bahwa penilaian uji materi dan pengguna (konselor) menunjukan skor CVI (content validity index) 0,777 yang berarti termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan penilaian ahli media menunjukan angka CVI (content validity index) 0,788 yang berarti termasuk dalam kategori sangat baik, dan yang terakhir adalah penilaian calon pengguna yang diperoleh prosentase rata-rata sebesar 85,21% yang berarti masuk dalam kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Sehingga dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa paket bimbingan keterampilan public speaking di SMAN 12 Surabaya telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.

Kata kunci : Pengembangan, Paket Bimbingan, Public Speaking.

Published
2019-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 55