PELAKSANAAN KUNJUNGAN RUMAH (HOME VISIT) DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN JOMBANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara utuh mengenai pelaksanaan kunjungan rumah di SMA Negeri se Kabupaten Jombang, yang meliputi proses pelaksanaan, ketrampilan konselor dan respon keluarga terhadap kegiatan kunjungan rumah. Subyek pada penelitian ini adalah guru BK yang melaksanakan kunjungan rumah, siswadan oranng tua yang rumahnya dikunjungi, serta kepala sekolah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data atau kredibilitas data menggunakan triangulasi..
Hasil yang didapatkan dari pengolahan data menunjukkan bahwa banyak kemiripan pada proses pelaksanaan, yang membedakan hanya pada tahap persiapan. Pada tahap pelaksanaan semua sekolah sama, setiap Konselor yang melaksanakan kunjungan telah memiliki keterampilan yang baik sehingga hubungan yang terjalin dengan orang tua juga baik, selain itu respon yang diberikan orang tua teradap kunjungan rumah ini juga baik karena konselor mampu menjelaskan maksud dan tujuan kedatangannya ke rumah dengan baik. Dalam tahap tindak l;anjut, setiap Konselor memiliki cara yang berbeda-beda disesuaikan dengan permasalahan dari setiap siswa. Dalam hal pelaporan, konselor membuat laporan tertulis sebagi bentuk laporan kepada kepala sekolah. Jadi dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kunjungan rumah di SMA Negeri se kabupaten Jombang belum sesuai dengan konsep bimbingan konseling mengenai pelaksanaan kunjungan rumah menurut Prayitno(2004).
Kata kunci: Kunjungan Rumah, kualitatif
Abstract
This research aim to obtain complete description concerning the implementation of home visit on public senior high school on whole Jombang district that consisted the processses of implementation, counselor skill and family respond tohome visit activity . Subject of this research is Counselor that execute home visit, student who their house have visited, parent / guardian or headmaster.
Research method that applied is qualitative method. Data collection technique using interview and documentation. While data validity technique or data credibility using triangulation.
Result that obtained from data processing show that many similarities on the implementation process, the only difference come from preparation stage. On execution stage all school is same, every Counselor that conduct visit have good skill so that the relation that connected with parent also good, beside, the respond that given by parent to the activity also good since counselor able to explain their intention and aim well. On follow up stage, every Counselor have different way that adjusted with problem on every student. On reporting stage, Counselor make a written report as a form of report to headmaster. So it can be conclude that the implementation of home visit on public senior high school on whole jombang district still have not appropriate with counseling guidance concept concerning home visit implementation according to Prayitno (2004:85)
Keywords : home visit, qualitative
Downloads

