PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN PERGAULAN SISWA TERHADAP KINERJA AKADEMIK

  • DANANG WAHYUDI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga dan pergaulan siswa terhadap kinerja akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan differensial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa yang dipilih berdasarkan karakteristik tertentu dari kelas XI dan XII SMK IKIP Surabaya. Data terkumpul melalui kuisioner dan menggunakan analisis statistik anava faktorial 2 jalur. Hasil dari penelitian ini menerangkan bahwa keharmonisan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja akademik dengan F empirik sebesar 8,776 lebih besar dari F teoritis 4,11 pada taraf 5% dan 7,39 pada taraf 1% dan ada pengaruh pergaulan siswa yang signifikan terhadap kinerja akademik dengan F empirik sebesar 7,694 lebih besar dari F teoritis 4,11 pada taraf 5% dan 7,39 pada taraf 1% serta ada pengaruh yang signifikan antara keharmonisan keluarga dan pergaulan siswa terhadap kinerja akademik dengan F empirik sebesar 10,246 lebih besar dari F teoritis 4,11 pada taraf 5% dan 7,39 pada taraf 1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keharmonisan keluarga dan pergaulan siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja akademik.

Kata Kunci: Keharmonisan keluarga, pergaulan siswa, kinerja akademik.

 

Abstract

The purpose of this research is to find out the influence of family harmonism and student’s intercommunication to academic work. This research were conducted by quantitative approach with differential design. Sample of this research are 40 students with selected by purposive random from XI and XII SMK IKIP Surabaya. Data were collected by queationnaire and analysed statistically by two way factorial anava. The result of this research explained that family harmonism has significant influence to academic work with F empiric 8,776 bigger than F teoritic 4,11 in 5% and 7,39 in 1% and there is influence of significant student’s intercommunication to academic work with F empiric 7,694 bigger than F teoritic 4,11 in 5% and 7,39 in 1% and also there is significant influence between family harmonism and student’s intercommunication to academic work with F empiric 10,246 bigger than F teoritic 4,11 in 5% and 7,39 in 1%. So it can be concluded that family harmonism and student’s intercommunication has significant influence to academic work.

Keywords: Family harmonism, student’s intercommunication, academic work

Published
2013-05-29
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 71