KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERAKSI SOSIAL ANGGOTA PENGURUS OSIS

  • ALFIAN YANIS CANDRA KIRANA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan skor keterampilan interaksi sosial anggota pengurus OSIS di SMA Negeri 2 Lamongan. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang menjadi anggota pengurus OSIS yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu siswa yang terindikasi memiliki skor keterampilan interaksi sosial rendah. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design. Data mengenai keterampilan interaksi sosial siswa dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik non parametrik dengan rumus Uji Jumlah Jenjang Wilcoxon. Analisis penelitian ini mencoba membandingkan hasil yang diperoleh pada pengumpulan data sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis membuktikan bahwa keterampilan interaksi sosial pada kelompok eksperimen secara signifikan lebih meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “skor keterampilan interaksi sosial antara kelompok siswa yang dibantu dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibantu dengan metode konvensional” dapat diterima.

 

 

Kata Kunci: Bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, keterampilan interaksi sosial

Abstract

The purpose of this research was to test the effectiveness of group guidance with sociodrama technique to increase the score of the social interaction ability the member of school organization that is Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) in the Senior High School 2 Lamongan. The subjects of this research are 12 students who is being member of OSIS which selected by purposive sampling that indicated low score in the ability of social interaction. This research is conducted by eksperimental approach with non-equivalent control group design. Data collection method that applied is the ability of students social interaction questioner and analyzed with statistic non parametric technique with Wilcoxon Rank Sum Test. The analysis in this research is comparing the result in pre-test and post test between eksperimental group and control group. The result in this analysis is proofing the social interaction ability of eksperimental group increase significantly than control group. So the hypothesis of the research is “score of the social interaction ability between the student group that helped by group guidance with sociodrama technique increase significantly than the student group that helped by conventional method” can be accepted.

 

 

Key words: Group guidance with sociodrama technique, the ability of social interaction

Published
2013-05-29
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 95