Penerapan Konseling Kelompok Rasional Emotif Perilaku Untuk Membantu Mengatasi Stres Belajar

  • RACHMAD LUTFIANTO

Abstract

 

Abstrak 

Penelitan ini berlatar belakang dari beberapa fenomena yang ada di lapangan bahwa terdapat perilaku yang menunjukkan stres belajar pada siswa SMA seperti, tidak konsentrasi saat pelajaran, terlambat masuk kelas, gelisah saat belajar, keluar masuk kelas, membolos saat jam pelajaran, melamun. Dari masalah tersebut peneliti menggunakan Konseling Kelompok Rasional-Emotif-Perilaku untuk mengatasinya. Berdasar dari latar belakang tersebut dapat dirumuskan  masalah yaitu “Apakah konseling kelompok rasional-emotif-perilaku dapat diterapkan sebagai strategi intervensi yang efektif untuk membantu siswa menangani stres belajar?” Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penerapan konseling kelompok rasional-emotif-perilaku untuk membantu siswa mengatasi stres belajar pada siswa kelas XI-IPS I SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang yang teridentifikasi memiliki skor stres belajar tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan bentuk quasi eksperimen yaitu pre test post test one group design. Metode pengumpulan data menggunakan angket stres belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis menggunakan uji tanda wilcoxon. Dari hasil penelitian diperoleh T=0 dan Ttabel = 4 dengan taraf signifikan 5 % dan N = 8 sehingga Thitung lebih kecil Ttabel (0 < 4) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan skor stres belajar antara sebelum dan setelah perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok rasional-emotif-perilaku dapat digunakan untuk menangani stres belajar siswa.

Kata Kunci : Konseling kelompok rasional-emotif-perilaku, Stres belajar.

Abstract


This research based on fenomenas environtment school there was found behaviouristic learning of stress in senior high school, like not concentration in studying, late to the class, nervous when studying, play truant, etc. Formulation of the problem based on that fenomenas is “Can be the rational-emotive-behaviour group counseling help students to overcoming learning of stress?” The goal of this research was to test the effectiveness of the used rational-emotive-behavior group counseling to help students overcoming learning stress. Subjects of this study are XI-IPS I grade of State Senior High School Bandarkedungmulyo Jombang whom has been identified having high score of stress of learning. This research conducted by quasi experiment design that is pre test post test one group. Data of this research were collected by questionare and be analysed statisticly by wilcoxon sign test. Based on that result obtained that T=0 and Ttabel=4 with signification 5% and N=8 so that Tcount<Ttabel (0<4) it’smean that H0 rejected and Ha accepted. Depend on that analysis founded there are significant difference score of learning stress the subject before and after using rational–emotive–behavior group counseling. It can be concluded that rational–emotive–behavior group counseling was effective to decrease the students learning  stress.

Keywords: rational-emotive- behavior  group counselling, stress learning.

Published
2013-05-29
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 27