MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI  BIDANG PRIBADI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA “CERMIN DIRI” PADA SISWA KELAS X-3 SMAN I PURI MOJOKERTO

  • FITRIA ARDHANA RISWARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang diajukan “Apakah layanan informasi bidang pribadi dengan memanfaatkan media “Cermin Diri” dapat meningkatkan pemahaman diri pada siswa kelas X-3 SMA Negeri I Puri Mojokerto?” dan ”Apakah ada perbedaan skor yang signifikan pada skor pemahaman diri siswa kelas X-3 SMA Negeri I Puri Mojokerto antara sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi bidang pribadi menggunakan media “Cermin Diri”?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Bimbingan dan Konseling yang dilakukan sebanyak 2 siklus, karena penelitian ini berusaha untuk melakukan perbaikan terhadap pelaksanaan pelayanan Bimbingan dan Konseling, khususnya dalam layanan informasi bidang pribadi untuk meningkatkan pemahaman diri siswa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan bersama guru pamong, diperoleh kesimpulan bahwa media “Cermin Diri” efektif digunakan dalam pemberian layanan informasi bidang pribadi untuk meningkatkan pemahaman diri siswa.  Hal ini dibuktikan dengan hasil pengolahan lembar observas dan lembar respon siswa. Siswa antusias dan tertarik mengikuti pemberian layanan informasi bidang pribadi untuk meningkatkan pemahaman diri siswa. Sedangkan dari sudut pemahaman diri siswa diperoleh kesimpulan bahwa penerapan layanan informasi bidang pribadi dengan memanfaatkan media “Cermin Diri” ini efektif dan dapat meningkatkan pemahaman diri siswa.yang ditunjukkan melalui peningkatan hasil angket pemahaman diri siswa. Pada siklus I rata-rata hasil angket pemahaman diri siswa sebesar 70%, dan meningkat menjadi 86,5% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan informasi bidang pribadi dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas X-3 SMAN I Puri Mojokerto dan terdapat perbedaan skor yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi bidang pribadi menggunakan media “Cermin Diri”.

Kata kunci : layanan informasi bidang pribadi, pemahaman diri, media “Cermin diri

Published
2013-05-29
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 325