Penerapan Strategi Self-Regulation dengan Teknik Konseling Kelompok untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sampang

  • WINDA AGUSTINA PERMATASARI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan self-regulation terhadap penurunan prokrastinasi akademik siswa kelas VII di SMPN 2 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen (kuantitatif) dengan jenis pre test – post test one group design dalam pemberian strategi self-regulation dengan menggunakan konseling kelompok. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi. Analisis data ini menggunakan statistik non parametik dengan menggunakan uji tanda. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa ρ= 0,016 menunjukan lebih kecil dibandingkan dengan α=0,5. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga ada perbedaan prokrastinasi akademik siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi self-regulation dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas VII SMPN 2 Sampang.

Kata kunci : Self –Regulation, Prokastinasi Akademik, Konseling Kelompok

Published
2019-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 102