MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN MENGGUNAKAN LATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 KOKOP BANGKALAN
Abstract
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah karena sikap yang kurang tegas pada diri siswa untuk mengungkapkan apa yang dirasakan pada orang lain, sulit mengatakan tidak, dan sulitnya mengemukakan apa yang diinginkan, sehingga hal ini menimbulkan masalah bagi siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunanaan Latihan Asertif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri I Kokop Bangkalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan pre-test dan post-test group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Subyek penelitian ini adalah tujuh siswa kelas VIII-D SMP Negeri I Kokop Bangkalan yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non-parametric dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon.
Berdasarkan hasil uji wilcoxon diketahui bahwa = 0, N =7 dengan taraf signifikan 5 % , maka =2. Berarti lebih kecil dari pada (0<2) berarti ditolak dan diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Latihan Asertif dapat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri I Kokop Bangkalan.
Kata kunci : Latihan Asertif, Kemampuan Komunikasi Interpersonal
Downloads

