PENERAPAN KONSELING KELOMPOK ADLERIAN UNTUK MENINGKATKAN RASAPERCAYA DIRI SISWA KELAS X-5 SMAN 1 DRIYOREJO

  • NURIMASY AZIZAH

Abstract

Abstrak
Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya siswa tidak percaya diri di kelas X – 5 SMAN 1
Driyorejo sebanyak 25 % melalui proses wawancara. Bentuk perilaku tidak percaya diri di kelas X – 5 SMAN 1
Driyorejo adalah kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, sering berkata tidak bisa sebelum mencoba
berpendapat, tidak percaya diri saat melakukan presentasi di depan kelas, dan merasa malu jika menjawab
pertanyaan dari guru.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji konseling kelompok Adlerian dalam
meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas X – 5 SMAN 1 Driyorejo. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian pre-eksperimental design dengan pre-test dan post-test group design, dengan rancangan satu
kelompok subyek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi untuk
mengetahui tingkat rasa percaya diri. Subyek penelitian ini adalah tujuh siswa kelas X – 5 SMAN 1Driyorejo
yang memiliki skor rasa percaya diri terendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
statistik non-parametric dengan menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon.
Dari hasil perhitungan diperoleh < . Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi “konseling
kelompok Adlerian dapat diterapkan dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X – 5 SMAN 1
Driyorejo” dapat diterima.
Kata kunci : Konseling Kelompok Adlerian, Percaya Diri

Published
2013-05-29
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 101