PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEORI TRAIT AND FACTOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA SMA NEGERI 1 MOJOSARI

  • MUHAMMAD FAHMI RIDHLO SUHARTONO
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teori Trait And Factor Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa SMA Negeri 1 Mojosari. Model penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu dengan mencari informasi tentang ciri-ciri yang ada dan dapat didefinisikan dengan tujuan yang akan dicapai, merencanakan cara dalam pendekatan, mengumpulkan data untuk membuat laporan. Di dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui tentang penerapan metode trait and factor terhadap pemahaman diri siswa.Populasi di penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 1 dan 5 di Tahun Pelajaran 2017-2018 yang terdiri dari 2 kelas, dan keseluruhan jumlah siswanya 62 orang. Penelitian ini 5 siswa yang termasuk dalam ketegori rendah akan mendapatkan Konseling kelompok trait and Factor, Dalam teknik analisis ini, yang digunakan adalah statistic non parametric dengan uji Wilcoxon. Berdasarkan perhitungan diatas, mean pre-test dengan nilai 191.4 dan mean post-test 179.2 dan selisih diantara mean pre-test dan mean post-test adalah 12.2. Berdasarkan output “test statistics” diatas, dapat diketahui Asymp.. Sig (2-tailed) — 0,042. Dimana kurang dari batas kritis penelitian karena nilai 0,042 lebih kecil dari «0,05, sehingga dapat diketahui bahwa Ha diterima, artinya ada perbedaan hasil pemahaman karier. siswa,. untuk pre-test dan post-test, sehingga bisa disimpulkan bahwa “Penerapan Konse Ing Kelompok tapa Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa SMA Negeri l Mojosari”.

Published
2019-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 221
PDF Downloads: 607