PENERAPAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS X MM DI SMK N 1 TROWULAN-MOJOKERTO

  • WAHYU NINGTIAS
  • DENOK SETIAWATI

Abstract

Peneltian ini betujuan umtuk mengetahui efektivitas dari penrapan layanan komseling kelompok rasional emotif perilaku untuk menigkatkan percaaya dirii siswa kelas X MM di SMK N 1 Trowulan-Mojokerto. Pemelitian ini diilatar belakagi oleh percaaya diri siswa yang rendah saat ingin berpartisipasi dalam mengemukakan pendapatnya di dalam kelas sehingga menybabkan keberhasilan proses pembelajaran terhambat. Pola komunikasi yang dilakukan dari satu arah memjadikan proses penbelajaran sperti tenpat penyampaian informasi dimana guru lebih aktif sedangkn siswa pasif. Jenis atau desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dalam betuk one group pre-test post-test dengan subyek 6 siswa yang memiliki percaya diri rendah. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket dengan 36 item pernyataan yang sudah di validasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non parametrik dengan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diketahui nilai Z adalah -2,201a dan nilai signifikansi sebesar 0,028. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,028 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat peningkatan yang signifikan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat setelah mendapat layanan konseling kelompok rasional emotif perilaku.

Kata Kunci : Percaya Diri, Konseling Kelompok, Rasional Emotif Perilaku

Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 22