LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR

  • ATIKA AINNUR RAHMAH
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan menggunakan AUM ditemukan masalah pada siswa kelas XI dalam bidang karir sebesar 55% di salah satu SMA swasta di Kabupaten Sidoarjo, terutama dalam membuat rencana di masa depan. Peningkatan keterampilan membuat perencanaan karir diharapkan terjadi melalui penerapan bimbingan klasikal berbasis masalah. Model bimbingan ini diadopsi dari model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Ulul Albab Sidoarjo. Desain penelitian menerapkan Pretest-Posttest Control Group Design. Data dianalisis melalui two-independent-sample test-mann-witney U. Hasil perhitungan ini menunjukkan asymp.sig < α, nilai asymp.sig (2-tailed) 0,00<0,05. Karenanya H0 ditolak, artinya pemberian perlakuan bimbingan klasikal berbasis masalah memberikan pengaruh terhadap keterampilan perencanaan karir siswa. Sehingga disimpulkan bahwah bimbingan klasikal berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan membuat perencanaan karir siswa.

Kata kunci: Bimbingan Klasikal Berbasis Masalah, Perencanaan karir

Published
2019-06-14
Section
Articles
Abstract Views: 159
PDF Downloads: 145