PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN JENAKA (JENGA MANAJEMEN KONFLIK INTERPERSONAL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MANAJEMEN KONFLIK INTERPERSONAL SISWI SMP AR-RAHMAH PUTRI DAU MALANG

  • MUFIDAH RAHMAH
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu media permainan JENAKA (Jenga Manajemen Konflik Interpersonal) yang dapat memenuhi kriteria akseptabilitas, untuk meningkatkan pemahaman manajemen konflik interpersonal siswa. Model pengembangan yang digunakan peneliti adalah model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap, yaitu: Penelitian dan pengumpulan informasi awal, Perencanaan, Pengembangan format produk awal, Uji coba awal, Revisi Produk awal, Uji coba lapangan, Revisi Produk, Uji coba lapangan, Revisi produk akhir, Desiminasi dan implementasi. Penelitian pengembangan yang dilakukan oleh peneliti hanya berbatas pada sampai tahap ke 5 yaitu Revisi Produk Awal.Setelah media permainan JENAKA (Jenga Manajemen Konflik Interpersonal) selesai dikembangkan, maka perlu adanya uji validasi dan uji coba. Hasil yang diperoleh dari uji ahli materi adalah 100 % dengan kategori penilaian produk sangat baik, tidak perlu revisi. Selanjutnya, dari uji ahli media diperoleh 93,2 % dengan kategori sangat baik, tidak perlu revisi. Kemudian, dari calon pengguna (Konselor) diperoleh hasil 75 % dengan kategori baik, tidak perlu revisi dan oleh calon pengguna (siswa) diperoleh hasil 90,1 % % dengan kategori sangat baik, tidak perlu revisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk berupa media permainan JENAKA (Jenga Manajemen Konflik Interpersonal)telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.

Kata Kunci: Pengembangan, JENAKA (Jenga Manajemen Konflik Interpersonal), Pemahaman manajemen konflik interpersonal
Published
2019-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 115