PENERAPAN KONSELING KELOMPOK ROLE PLAYING UNTUK MENGENDALIKAN EMOSI MARAH SISWA DI SMPN 3 TAMAN SIDOARJO

  • MIFTAHUL AMANAH
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk mengendalikan emosi marah siswa kelas VIII di SMPN 3 Taman Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen yakni pre exsperimental one group pretest post test. Dalam penelitian, peneliti menggunakan konseling kelompok teknik role playing dengan melibatkan siswa kelas VIII di SMPN 3 Taman Sidoarjo yang memiliki mengendalikan emosi marah rendah. Berdasarkan hasil analisis perhitungan angket mengendalikan emosi marah yang diberikan untuk menentukan subjek penelitian diperoleh 5 siswa yang memiliki skor mengendalikan emosi marah yang rendah. Kemudian diberikan perlakuan berupa konseling kelompok teknik role playing serta di akhir perlakuan diberikan post test. Berdasarkan hasil analisis test statistic uji wilcoxon dengan bantuan SPSS 22 diketahui Asymp. Sig. (2- tailed) bernilai 0,043. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan konseling kelompok teknik role playing dapat meningkatkan kemampuan mengendalikan emosi marah siswa kelas VII SMPN 3 Taman Sidoarjo.

Kata Kunci : Mengendalikan Emosi Marah, Konseling Kelompok, Teknik Role Playing

Published
2019-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 575