PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET PERENCANAAN KARIER UNTUK SISWA SMAN 1 SUMBERREJO

  • NADIA MEIDY ADRIYANI
  • BAMBANG DIBYO WIYONO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk booklet perencanaan karier yang memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2010) yang terdiri dari 10 tahapan namun peneliti hanya melakukan sampai pada tahap kelima karena keterbatasan waktu dan biaya yang dimiliki oleh peneliti. Kelima tahap tersebut terdiri dari: 1) Potensi dan masalah, 2) Mengumpulkan informasi, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, dan 5) Perbaikan desain. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian pada booklet perencanaan karier yang mencakup aspek akseptabilitas (kegunaan, kelayakan, ketepatan, kepatutan). Angket tersebut terdiri dari angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket validasi calon pengguna. Berdasarkan hasil validasi desain yang dilakukan melalui uji ahli materi diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 82,9% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, dari uji ahli media diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 97,5% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, dari uji calon pengguna (guru BK) diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 96% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi, sedangkan dari uji calon pengguna (siswa) diperoleh persentase penilaian akseptabilitas produk sebesar 94,5% dengan kriteria sangat baik sehingga tidak perlu direvisi. Dari paparan tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media booklet perencanaan karier telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Booklet­ Perencanaan Karier

Published
2019-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 254