PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK AVERSI UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA SMPN 3 GRESIK

  • RISNANDA NIMATUL ULA
  • TITIN INDAH PRATIWI

Abstract

Perilaku agresif adalah perilaku yang dilakukan oleh suatu individu dengan tujuan untuk menyakiti, menyerang dan melukai individu lain, objek lain bahkan pada dirinya sendiri. Perilaku agresif ini sering terjadi di lingkungan sekolah dan dapat mempengaruhi suasana serta proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini berfokus pada perilaku agresif. Perilaku ini terjadi di kelas VIII-E SMPN 3 Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku yang tidak dikehendaki (agresif) pada siswa di kelas VIII-E SMPN 3 Gresik setelah diberikan perlakuan dengan teknik aversi.

Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Design dengan menggunakan desain A-B. Pada penelitian ini berfokus kepada 4 subyek. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan keempat subyek mengalami perubahan sehingga terdapat penurunan rata-rata skor untuk fase baseline maupun fase intervensi. Subyek yang pertama MF pada fase baseline memiliki rata-rata skor 11.6, pada fase intervensi rata-rata skor 9.6. Subyek yang kedua NRRS pada fase baseline memiliki rata-rata skor 11.5, pada fase intervensi rata-rata skor 9.9. Subyek yang ketiga APR pada fase baseline memiliki rata-rata skor 9.4, pada fase intervensi rata-rata skor 6.2. Subyek yang terakhir MRR pada fase baseline memiliki rata-rata skor 9, pada fase intervensi rata-rata skor 7.1. Data ini menunjukkan bahwa keempat subyek mengalami penurunan pada masa intervensi dan penurunanya bersifat positif bagi subyek. Dapat disimpulkan terdapat penurunan rata-rata skor pada perubahan perilaku agresif dari keempat subyek MF, NRRS, APR dan MRR setalah diberikan perlakuan konseling individu dengan menggunakan teknik aversi.

Kata Kunci: Konseling Individu, Aversi, Perilaku Agresif
Published
2019-07-09
Section
Articles
Abstract Views: 211
PDF Downloads: 834