PENERAPAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR (REB) UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF REMAJA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMKN 8 SURABAYA

  • AGGRIVTA SISILIA RANGGA DEWI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan konsep diri positif siswa yang berasal dari keluarga broken home melalui konseling Rational Emotive Behavior (REB) di SMK Negeri 8 Surabaya, proses konseling dilaksanakan sebanyak 5 kali. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Pre-Experimental dengan rancangan penelitian Pre-Test Post-Test one group designs. Untuk alat pengumpul data menggunakan angket konsep diri untuk siswa yang berasal dari keluarga broken home, angket tersebut terdiri dari 33 item pernyataan. Pada penelitian ini terdapat lima subjek penelitian berasal dari kelas X yang berasal dari keluarga broken home dengan perolehan skor konsep diri rendah yang telah diukur menggunakan angket konsep diri. Untuk analisis data pada penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji jenjang Wilcoxon. Dari hasil perhitungan mean terdapat peningkatan skor konsep diri yaitu mean Pre-Test sebesar 76.8 dan mean Post-Test sebesar 97, sehingga terdapat peningkatan sebesar 20.2. Untuk uji Wilcoxon penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 22 dan hasil Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0.043. Apabila ketetapan α sebesar 0.05, maka 0.043 < 0.05. Sehingga disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hipotesis, disimpulkan bahwa konseling Rational Emotive Behavior (REB) dapat menungkatkan konsep diri positif siswa SMK Negeri 8 Surabaya yang berasal dari keluarga broken home.

Kata kunci: Konseling Rational Emotive Behavior (REB), Konsep Diri, Broken Home

Published
2019-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 521