MEDIA CINEMA THERAPY PADA BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 51 SURABAYA

  • FRANSISCA RECTA PERMATASARI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Motivasi belajar merupakan hal yang penting karena motivasi yang tinggi dapat memberikan hasil belajar yang optimal, begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dari penerapan media cinema therapy pada bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan pre experimental design berupa one-group pre test –post test desaign dengan subjek penelitian ini 6 siswa dari kelas VIII yang memiliki motivasi rendah dalam belajarnya. Setelah dilakukan uji hipotesis wilcoxon diketahui ρ = 0,028 dengan taraf kesalahan 5% atau 0,05 sehingga Ha diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media cinema therapy dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media cinema therapy pada bimbingan kelompok dapat dijadikan alternatif untuk membantu siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, selain itu berdasarkan hasil analisis setelah treatment/ perlakuan menunjukkan perubahan skor pada 6 subjek tersebut.

Katakunci : Media Cinema Therapy,BimbinganKelompok, Motivasi belajar
Published
2019-07-15
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 161