PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI BERBICARA DI DEPAN UMUM SD NEGERI MLIRIPROWO

  • RIZKI PRATAMA
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri Mliriprowo Sidoarjo terdapat siswa yang memiliki percaya diri berbicara didepan umum yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik bermain tebak kata untuk meningkatkan percaya diri berbicara di depan umum siswa kelas V SD Negeri Mliriprowo Sidoarjo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Bentuk deasin yang di gunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket percaya diri berbicara didepan umum. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas V SD Negeri Mliriprowo Sidoarjoyang memiliki percayaan diri berbicara di depan umum rendah. Teknik analisa data yang digunakan adalah statistic non parametrik analisis wilcoxon.

Hasil analisis menunjukan bahwa nilai Asymp.sig.(2-tailed) = 0,027 lebih kecil dari 𝑎= 0,05. Berdasarkan hasil ini maka H0 ditolak dan Ha diterima. Selain itu juga ada peningkatan skor percaya diri berbicara di depan umum setelah diberikannya bimbingan kelompok, hal ini menunjukan ada perbedaan skor percaya diri sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik bermain tebak kata dapat meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum siswa kelas V.A SD Negeri Mliriprowo Sidoarjo.

Kata Kunci : Percaya diri, Bimbingan Kelompok, Bermain Tebak Kata

Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 180