PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMDIYAH 9 SURABAYA

  • MAULIDIYA CHUSNA
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Kebiasaan menunda suatu pekerjaan seringkali dapat dijumpai dan dapat terjadi pada siapapun dan kapanpun. Fenomena ini merupakan masalah yang cukup kritis dan sangat berdampak buruk terhadap pelakunya, hal ini karena pekerjaan atau tugas yang harusnya terselesaikan dengan deadline yang telah ditentukan tidak dapat terselesaikan dengan baik. Faktanya bahwa di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya ditemukan siswa yang mengalami prokrastinasi akademik yang tinggi. Oleh karena itu, peneliti ingin memberikan suatu intervensi dengan memanfaatkan kegiatan konseling kelompok teknik self instruction untuk menurunkan prokrastinasi akademik yang dialami siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberhasilan penggunaan konseling kelompok teknik self instruction untuk menurunkan prokrastinasi akademik yang dialami siswa kelas VIII SMP Muhammdiyah 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket tersebut digunakan untuk mencari data mengenai prokrastinasi akademik yang tinggi. Subyek penelitiannya adalah 6 siswa kelas VIII C SMP Muhammdiyah 9 Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan uji wilcoxon.

Hasil analisis menunjukkan bahwa diketahui nilai Z adalah -2,214 dan nilai Asymp. Sig. (1-tailed) sebesar 0,021. Bila dalam ketetapan α (taraf signifikasi) sebesar 5% maka, 0,021< 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok self instruction dapat menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa kelas VIII C SMP Muhammdiyah 9 Surabaya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu acuan yang dapat dikembangkan dalam melakukan penelitian selanjutnya berkaitan dengan konseling kelompok teknik self instruction.

Kata kunci : Konseling Kelompok Teknik Self Instruction, Prokrastinasi Akademik

Published
2019-07-18
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 25