PENGEMBANGAN APLIKASI ANTI NARKOBA BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PASURUAN

  • RISMA RAHMANINGTYAS
  • HADI WARSITO WIRYOSUTOMO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang terdiri atas kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

Jenis dari penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiono (2017). Penelitian ini menggunakan 7 dari 10 langkah yang ada, yaitu : (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba Produk, (7) Revisi Produk tanpa melakukan uji coba efektifitas produk dan produksi masal.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi dan uji ahli materi didapatkan data kuantatif hasil akseptabilitas produk oleh ahli materi sebesar 0.71 dengan kriteria penilaian sangat sesuai dan tidak perlu direvisi. Oleh ahli media didapatkan 0.47 dengan kriteria penilaian sesuai dan tidak perlu direvisi. Oleh calon pengguna didapatkan data kuantitatif sebesar 0.93 dengan kriteria sangat sesuai dan tidak perlu direvisi serta didaptkan data kualitatif berupa saran dan masukan. Berdasarkan saran dan masukan dari ahli, aplikasi anti narkoba berbasis android sebagai media layanan informasi untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pasuruan telah direvisi dan memenuhi kriteria akseptabilitas produk yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

Kata kunci : pengembangan, narkoba, layanan informasi.

Published
2019-07-21
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 288