PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN GAYA POLA ASUH ORANG TUA BERDASAR PERMASALAHAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN KAMIL SIDOARJO

  • MUHAMAD MAPULTA INMAS
  • ARI KHUSUMADEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan gaya pola asuh yang memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatuhan bagi orang tua sebagai bahan bacaan dalam mendidik dan mendampingi proses perkembangan anak kelas V sekolah dasar. Berdasar pada kasus maraknya perilaku negatif di kalangan siswa kelas V SD di Sidoarjo dan mengingat peran pentingnya keluarga dalam menangani perilaku negatif siswa tersebut Penelitian ini dilakukan di SDIT Insan Kamil Sidoarjo dengan sasaran orang tua siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Penelitian pengembangan adalah pendekatan penelitian untuk mengembangkan suatu metode dalam pembelajaran, khususnya bidang bimbingan dan konseling pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg & Gall (2008). Tahap pengumpulan data meliputi : 1. Melakukan studi kepustakaan, 2. Melakukan assesmen berupa wawancara dengan kepala sekolah SDIT Insan Kamil, guru BK SDIT Insan Kamil, dan orang tua siswa kelas V, 3. Memberikan angket permasalahan siswa kepada orang tua siswa dan guru BK SDIT Insan Kamil, 4. Obervasi perilaku siswa.

Buku panduan gaya pola asuh orang tua berdasar permasalahan siswa kelas V SDIT Insan Kamil diuji untuk melihat tingkat kelayakan. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan pengguna (orang tua dan guru BK). Hasil dari uji kelayakan meliputi : 1. Penilaian uji ahli materi adalah 85,37 %, 2. Penilaian uji ahli media adalah 85,93%, 3. Penilaian uji pengguna orang tua adalah 87,47% , dan Penilaian uji pengguna guru BK adalah 95,31%. Rata-rata penilaian tersebut adalah 88,52%. Maka disimpulkan bahwa produk masuk kedalam kategori sangat baik dan tidak perlu revisi. Sehingga buku panduan gaya pola asuh orang tua berdasar permasalahan siswa kelas V SDIT Insan Kamil telah menenuhi kriteria akseptabilitas.

Kata Kunci: Penelitian pengembangan, buku panduan, gaya pola asuh orang tua, permasalahan siswa.

Published
2019-07-22
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 49