Layanan Konseling Kelompok Strategi Self-Management untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya

  • FAHMIA AYU LESTARI
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Disiplin adalah suatu keadaan yang tertib, teratur, dan semestinya sehingga dapat menjadikan individu kepada tindakan yang berguna. Perilaku tidak disiplin siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya ditunjukkan dengan terlambat ke sekolah, membolos jam pelajaran, seragam tidak rapi dll. Hal tersebut dikarenakan kurangnya kontrol diri terhadap kedisiplinan pada diri siswa. Individu yang memiliki kontrol diri rendah senang melakukan resiko dan melanggar aturan tanpa memikirkan efek jangka panjang. Dengan adanya layanan konseling kelompok strategi self-management diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kontrol diri terhadap kedisiplinan. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok strategi self-management untuk meningkatkan kontrol diri terhadap kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, nonequivalent control group design dengan alat ukur angket kontrol diri terhadap kedisiplinan. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas XI SMA Negeri 11 yang memiliki kontrol diri rendah terhadap kedisiplinan. Teknik analisis data menggunakan tes-mann withney dengan bantuan program SPSS for windows versi 23 dengan taraf kesalahan sebesar 5% atau α sebesar 0,05. Asymp.sig 0,011 nilai α sebesar 0,05, maka asymp kurang dari α. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat perbedaan tingkat kontrol diri terhadap kedisiplinan siswa. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan jika layanan konseling kelompok strategi self-management dapat meningkatkan kontrol diri (self control) terhadap kedisiplinan siswa.

Kata kunci: konseling kelompok, strategi self -management, kontrol diri, disiplin.

Published
2019-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 359
PDF Downloads: 448