BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGATASI KONFLIK INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 7 TULUNGAGUNG

  • MUHAMMAD FEBRANIS SETIAWAN
  • MOCHAMAD NURSALIM

Abstract

Konflik interpersonal sering terjadi dalam interaksi sosial pada siswa. Konflik dapat menimbulkan dampak negatif apabila tidak segera diselesaikan. Oleh karena itu, siswa perlu memiliki kemampuan untuk mengatasi konflik interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengatasi konflik interpersonal pada siswa. Penelitian ini berjenis pre-experimental design dengan metode one group pre-test post-test design. Subjek pada penelitian ini adalah delapan siswa kelas VIII yang memiliki kemampuan mengatasi konflik interpersonal yang rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kemampuan mengatasi konflik interpersonal. Metode analisis data menggunakan ujil statistik Wilcoxon. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan perbedaan hasil sebelum dan sesudah perlakuan dimana Asymp. Sig lebih kecil dari 0,05 (0,012 < 0,05) sehingga H0 ditolak. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan mengatasi konflik interpersonal siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Tulungagung.

 

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok, Konflik Interpersonal
Published
2019-08-20
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 120