TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII

  • MAQSAHIDHA YUNLAILI SETYONINGRUM
  • ELISABETH CHRISTIANA

Abstract

Bimbingan dan konseling di sekolah memiliki peran dalam upaya menurunkan dampak stres akademik yang terjadi pada siswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMPN 3 Mojokerto didapatkan hasil bahwa siswa kelas VIII memiliki beberapa permasalahan stres akademik yang ditandai dengan masalah belajar. Beberapa diantaranya bermain HP saat mata pelajaran berlangsung, tidur saat jam pelajaran berlangsung, berbincang bersama teman yang tidak ada kaitannya dengan pelajaran saat jam pelajaran, dan suka menendang barang disekitar ketika di marahi terkait nilai pelajaran oleh orangtua. Dari beberapa permasalahan diatas dilatar belakangi oleh tuntutan akademik keluarga, lingkungan sekitar dan sekolah yang masing-masing oleh mereka diasumsikan terlalu tinggi sehingga hal tersebut dianggap menjadi beban. Mengetahui ciri-ciri perilaku yang muncul menandakan bahwa siswa kelas VIII SMPN 3 Mojokerto sedang mengalami stres akademik.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan dari teknik expressive writing untuk mengurangi stres akademik pada siswa kelas VIII. Lokasi penelitian ini bertempat di SMPN 3 Mojokerto, dengan mengambil subjek siswa kelas VIII-B. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik non random sampling jenis purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan lima diantara enam subjek mengalami perubahan kategori stres akademik “Tinggi” menjadi “Sedang”dan penurunan skor post-test pada 6 subjek yaitu GF 19 poin, ASB 22 poin, SMA 15 poin, RKN 21 poin, CSR 20 poin, dan NBP 11 poin. Berdasarkan output Test Statistic, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,028. Dapat dilihat 0,028 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak. Artinya teknik expressive writing dapat mengurangi stres akademik pada siswa kelas VIII-B SMPN 3 Mojokerto.

Kata Kunci: Expressive Writing, Stres Akademik


Published
2019-08-20
Section
Articles
Abstract Views: 179
PDF Downloads: 387