PENERAPAN KONSELING KELOMPOK RINGKAS BERBASIS SOLUSI TEKNIK PERTANYAAN BERSKALA UNTUK MENGURANGI PERILAKUL AGRESIF PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan teknik pertanyaan berskala dalam konseling ringkas berbasis solusi yang dilaksanakan berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen research dengan one group pre-test dan post-test design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Diwek Jombang sebanyak 5 peserta didik dengan kategori memiliki skor perilaku agresif yang tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji tanda, pengujian hipotesis tersebut menunjukkan hasil bahwa ρ = 0,031 dan αa=0,055(5%) , Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dijelaskan bahwa penerapan konseling kelompok ringkas berbasis solusi teknik pertanyaan berskala dapat menurunkan tingkat perilaku agresif peserta didik sekolah menengah pertama.
Kata kunci: Konseling kelompok ringkas, teknik pertanyaan berskala, perilaku agresifPDF Downloads: 74