FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

  • NANDA ARISTYA
  • EKO DARMINTO

Abstract

Penelitianiiniibertujuan untuk mengetahuiifaktor-faktori yang berpengaruh pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Surabaya. Faktor-faktor yang dikaji dalam penelitian ini dibatasi dengan tiga faktor yang secara teoritik memainkan peran penting dalam memengaruhi kektifan belajar peserta didik. Ketiga faktor tersebut adalah faktor fisiologis, faktor motivasi belajar, dan faktor minat belajar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan survey eksploratif. Sampel penelitian sebanyak 382 subyek diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling . Teknik pengumpulan data menggunakan inventory dengan alat ukur inventory faktor fisiologis, inventory faktor motivasi belajar, inventory faktor minat belajar, dan inventory keaktifan belajar. Keempat alat tersebut dikembangkan secara khusus dan sudah di uji coba dengan koefisien reliabilitas. Didapatkan hasil alpha cronbach sebesar 0,862 . Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan analisisoregresiolinier berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hasil secara simultan melalui uji f diketahui nilai signifikansioyang ditunjukkan sebesar 0,000 atau lebih rendah’dari 5%i(0,05)isehingga dapat dijelaskan bahwa secara simultan kondisi fisiologis, motivasi belajar, dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik. Namun, secara parsial melalui uji t tingkat kesehatan fisiologis menunjukkan nilai signifikansiosebesar 0,514 yang lebih’besar’dari’5%i (0,05)i. Hasil ini menjelaskan bahwa secara parsial tingkat kesehatan fisiologis tidak berpengaruh signifikanoterhadap keaktifan belajar peserta didik. Tingkat motivasi belajar menunjukkan nilai signifikanisebesar 0,000 yang lebih rendahodari 5%i(0,05)i dan tingkat minat belajar menunjukkan nilai signifikanosebesari0,000 yang lebihjrendahidari 5%i(0,05)i. Hasil ini menjelaskan bahwa secara parsial tingkat motivasi belajar dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar peserta didik Sehingga didapatkan hasil bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah faktor motivasi belajar, disusul oleh faktor minat belajar dan faktor fisiologis. Berdasarkan penemuan tersebut dapat disarankan untuk meningkatkan.

Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Fisiologis, Motivasi Belajar, Minat Belajar


Published
2019-08-30
Section
Articles
Abstract Views: 228
PDF Downloads: 1936