FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MEMBACA BUKU PELAJARAN PADA PESERTA DIDIK

  • ARISTA VERNANDA FAJARIN
  • EKO DARMINTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat membaca buku pelajaran pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Surabaya. Ada 3 faktor yang dikaji dalam penelitian ini, faktor tersebut adalah faktor yang berpengaruh pada minat membaca buku pelajaran. Ketiga faktor tersebut adalah, faktor fisiologis, faktor sosio dan emosi, dan faktor motivasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan survei deskriptif eksploratif. Sampel penelitian sebanyak 382 subyek yang diambil dengan teknik random cluster samplin. Dan dengan alat ukur inventory faktor fisiologis, inventory faktor sosio dan emosi, inventory faktor motivasi dan inventory faktor minat membaca buku pelajaran. Dalam penelitian ini, keempat alat ukur tersebut dikembangkan secara khusus dan sudah diuji coba menggunakan alpha cronbach sebesar 0.858. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis membuktikan bahwa Uji F faktor fisiologis memiliki nilai signifikansi sebesar 0.553, faktor sosio dan emosi memiliki nilai signfikansi sebesar 0.000 dan faktor motivasi memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 yang artinya, secara simultan kondisi fisiologis berpengaruh secara positif namun tidak signifikan, tingkat sosio dan emosi serta motivasi berpengaruh secara positif dan signifikan. Sedangkan pada Uji t, faktor fisiologis memiliki nilai koefisien sebesar 0.046, faktor sosio dan emosi memiliki nilai sebesar 0.226, faktor motivasi memiliki nilai sebesar 0.302. Sehingga didapatkan hasil bahwa faktor yang paling berpengaruh adalah faktor motivasi disusul oleh faktor sosio dan emosi lalu faktor fisiologis. Berdasarkan temuan tersebut, untuk meningkatkan minat membaca buku pelajaran pada peserta didik, konselor bisa meningkatkan motivasi membaca buku pelajaran pada peserta didik.

Kata kunci: Minat membaca buku pelajaran, fisiologis, sosio dan emosi, motivasi.


Published
2019-08-30
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 133