PENERAPAN TEKNIK TANDUR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL

  • SITI MAESAROH
  • EKO DARMINTO

Abstract

Tingkat keaktifan siswa di beberapa sekolah di Surabaya cenderung menunjukkan tingkat keaktifan yangirendah, Hal inikditunjukkankdenganiperilaku siswakyang tidak menyimak, tidak bertanya, tidak menjawab, tidak mencatat, dan tidak berpendapat ketika pemberian layanan bimbingan klasikal. Penelitianfini dilakukan untukumengetahui adanya peningkatanokeaktifan siswahdalam layanan bimbingan klasikal melaluiuteknik tandur, teknik tandur adalah teknik pembelajaraniyangudirancang untukumembantu mengatasiupeserta didikiyang mengalamiukesulitan dalamhmemahami materi, tandurimerupakankakronimfdari tumbuhkan,jalami,unamai, demonstrasikan,dulangi, danirayakan. Jenis Penelitianuiniomerupakanupenelitiantkuantitatifieksperimenydengan desainrPre-testPost-test one group design. Instrumen yang digunakan adalah Observasi. Subjek Penelitianeiniuadalah seluruh siswa dari kelas X Desain Komunikasi Visual-1 SMK Negeri 12 Surabaya yang memiliki tingkat keaktifan rendah berdasarkan hasil Pre-test. Teknikuanalisisudataiyangudigunakan dalamUpenelitianaadalahrUji Kruskal Wallis. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh Asym.sig (2 tailed) = 0.000. Sesuai dengan dasar pengambilan keputusan bahwa apabila nilai Sig.q0,000 < 0,05 maka Haqditerima. Berdasarkanuhal tersebut, makagdapatudisimpulkan bahwa teknik tandur dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti layanan Bimbingan Klasikal.

Kata Kunci: Teknik Tandur, Keaktifan Siswa, Layanan Bimbingan Klasikal.

Published
2019-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 95