PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENCEGAHAN BULLYING DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION

  • ALIVIA PRATIWI MUJIONO
  • EKO DARMINTO

Abstract

Penelitian menggunakan model penelitian evaluasi formatif oleh M.Atwi Suparman. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menyusun sebuah buku panduan sebagai media cetak yang memenuhi kriteria evaluasi dalam penyusunan buku hingga tahap ke tiga. Tahapan yang dilakukan yaitu evaluasi satu-satu ahli, evaluasi satu-satu oleh peserta didik, dan evaluasi kelompok kecil. Hasil yang di peroleh dari penelitian menunjukan bahwa evaluasi satu-satu oleh ahli, diantaranya oleh satu ahli materi dengan nilai 3,77 dengan kategori “layak digunakan”, sementara untu satu ahli media dengan nilai 3,18 dengan kategori “layak digunakan”, dan penilaian satu ahli bahasa dengan nilai 3,77 dengan kategori “layak digunakan”. Evaluasi satu-satu oleh peserta didik atau disebut uji klinis menunjukan adanya perubahan kata agar peserta didik paham dalam mempelajari buku panduan. Evaluasi kelompok kecil yang dilakukan oleh 10 peserta didik kelas VIII dengan nilai 3,62 dan 1 konselor dengan nilai 3, 36. Hasil dari pengembangan buku panduan ini telah memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar meliputi kelayakan konseptual isi, kelayakan media, kelayakan bahasa, dan kelayakan kepraktisan dengan rata-rata hasil layak untuk digunakan untuk pengguna.

Kata kunci : Pengembangan, Buku Panduan, Bullying, Self-Instruction, Pencegahan
Published
2019-09-04
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 425