PENGEMBANGAN BOOKLET SELF EFFICACY KARIER UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 KASREMAN

  • KUNIAWATI
  • WIRYO NURYONO

Abstract

Self efficacy karier berpengaruh terhadap minat, tujuan dan seleksi aktivitas penunjang karier pada siswa. Self efficacy karier juga sangat memengaruhi perencanaan karier pada siswa, sehingga kurangnya self efficacy karier dapat mengakibatkan peserta didik kebingungan dan kesulitan dalam perencanaan karier. Hal ini perlu untuk mendapat bantuan salah satunya dengan media untuk membantu siswa mengembangkan self efficacy karier. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan media berupa booklet self efficacy karier untuk membantu siswa memahami dan mengembangkan self efficacy karier sehingga dapat merencanakan karier sejak awal.

Metode penelitian ini ialah penelitian pengembangan R&D dalam Sugiyono (2017). Penelitian pengembangan merupakan proses yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk mulai dari merancang, mengembangkan dan menguji keefektifan produk yang dapat dimanfaatkan sebagai inovasi media dalam bidang pendidikan. Dalam penelitian ini dilakukan sampai tahap ke enam dari sepuluh tahap yaitu sampai uji coba pada kelompok kecil yang menghasilkan produk prototipe dengan alasan keterbatasan waktu, tenaga dan biaya dalam penelitian.

Uji akseptabilitas dilakukan pada ahli materi, media dan calon pengguna (guru BK dan siswa). Hasil uji validasi ahli materi dan calon pengguna (guru BK) memperoleh nilai sebesar 0,68, hasil uji validasi ahli media memperoleh nilai sebesar 0,94, hasil uji validasi calon pengguna dengan nilai 81,66% yang masuk dalam kategori sangat sesuai dan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa produk booklet self efficacy karier untuk siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Kasreman memenuhi akseptabilitas. Hasil uji coba dalam kelompok kecil dengan pretest-posttest dengan analisis menggunakan wilcoxon memperoleh hasil Asymp.sig.(2-tailed) bernilai ρ = 0,018 yangmana lebih kecil dari nilai 0,05 sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima artinya ada perbedaan tingkat self efficacy karier setelah penerapan booklet self efficacy karier. Sehingga dapat disimpulkan media booklet self efficacy karier dapat meningkatkan self efficacy karier siswa.

Kata Kunci: pengembangan, booklet, self efficacy karier.

Published
2020-01-13
Section
Articles
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 81