HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN PERILAKU ASERTIF DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 34 SURABAYA

  • IKA WAHYUNI TRESNAWATI
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik peserta didik kelas IX SMP Negeri 34 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi multiple product moment. Hasil dari analisis data dari korelasi product moment antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,698 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000, perilaku asertif dengan prokrastinasi akademik sebesar -0,442 dan dan taraf sigifikansi sebesar 0,000 serta kontrol diri dengan perilaku asertif sebesar 0,719 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000. Hasil analisis data dari korelasi multiple product moment secara bersama-sama antara ketiga variabel menunjukkan hasil koefisien korelasi sebesar 0,703 dan taraf sigifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa kontrol diri dan perilaku asertif secara bersama sama berhubungan dengan variabel prokrastinasi akademik dengan hubungan yang kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,495 memiliki arti bahwa variabel kontrol diri dan variabel perilaku asertif secara bersamasama memberikan pengaruh sebesar 49,5% terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan untuk sisanya yaitu 50,5% dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Asertif, Prokrastinasi Akademik
Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 164
PDF Downloads: 432