HUBUNGAN PELIBATAN ORANG TUA DAN SELF-EFFICACY DENGAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI DI KECAMATAN JOMBANG

  • WINDA HERMAWATI
  • RETNO TRI HARIASTUTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukkmengetahui hubungan pelibatan orang tua dan self-efficacy dengan perencanaan karier pada kelas X. Penentuan subjek penelitian didasarkan untuk mengetahui keeratan hubungan perencanaan karier pada peserta didik sedini mungkin pada tingkatan peserta didik kelas X SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri) dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik proporsional random sample. Metode penelitian yang digunakan adalahkkuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik uji korelasi Pearson dan teknik korelasi ganda dengan bantuan rumus regresi berganda untuk menghitung tingkat korelasi.

Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan signifikan pelibatan orang tua dengan perencanaan karier ditunjukkan dengan P value 0,000 .< 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,498 menunjukkan keeratan hubungan sedang, terdapat hubungan signifikan self-efficacy dengan perencanaan karier dengan P value 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,634 menunjukkan keeratan hubungan kuat, terdapat hubungan pelibatan orang tua dan self-efficacy dengan perencanaan karier dengan P value 0,000 .< 0,05 menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,644 yang berarti memiliki hubungan kuat.

Kata Kunci: pelibatan orang tua, self-efficacy, perencanaan karier

Published
2020-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 131
PDF Downloads: 124