HUBUNGAN ANTARA PELIBATAN ORANG TUA DAN PERAN TEMAN SEBAYA DENGAN KECENDERUNGAN TRIAD-KRR PADA PESERTA DIDIK SMA DI KABUPATEN GRESIK

  • MUSLIMATUL HURRIYAH
  • RETNO TRI HARIASTUTI

Abstract

Kehidupan remaja yang semakin bebas dapat membawa remaja mengarah pada perilaku kehidupan yang tidak sehat, yakni TRIAD-KRR (Tiga Ancaman Dasar Kesehatan Reproduksi Remaja) yang terdiri dari pernikahan dini, seks pra nikah, dan NAPZA. Penelitian yang berjudul “Hubungan antara Pelibatan Orang Tua dan Peran Teman Sebaya dengan Kecenderungan TRIAD-KRR pada Peserta Didik SMA di Kabupaten Gresik” bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara variabel dengan Y, varibel dengan Y, serta variabel dan dengan Y.

Penelitian yang digunakan yaitu peneltian korelasional dengan tipe Explanatory Design untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara dua variabel atau lebih. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster dengan mengambil masing-masing satu sekolah dari empat wilayah atau zona di kabupaten Gresik. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 367 peserta didik. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik berupa uji korelasi Kendall’s tau-b dan uji korelasi konkordansi kendall (Kendall’s W Test) dengan taraf signifikansi 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengujian hipotesis pertama menggunakan uji korelasi Kendall’s tau-b menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai correlation coefficient sebesar – 0,138 yang berati tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel dengan Y. Sedangkan uji hipotesis yang kedua menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan nilai correlation coefficient sebesar 0,212 yang artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara varibel dengan Y. Pengujian hipotesis ketiga didapatkan nilai parsial kendal sebesar 0,25 dengan nilai F sebesar 12,15 yang berati lebih besar daripada F tabel (3,02) dan menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel dan dengan Y.

Kata Kunci : Pelibatan Orang Tua, Peran Teman Sebaya, Kecenderungan TRIAD-KRR.

Published
2020-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 132