Hubungan Pelibatan Orang Tua dan Kedisiplinan dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMPN di Kecamatan Wiyung Surabaya

  • SHERRIN NURLITA WIDYA
  • RETNO TRI HARIASTUTI

Abstract

Tujuannyang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelibatan orang tua, kedisiplinan dengan kemandirian belajar peserta didik SMPN di Kecamatan Wiyung Surabaya. Penenelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan rancangan korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 753, dan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu 261 peserta didik kelas VII dari tiga sekolah Negeri yang ada di Kecamatan Wiyung Surabaya. Instrumen pengumpul data berupa: 1) skala pelibatan orang tua, 2) skala kedisiplinan dan 3) skala kemandirian belajar. Analisis yang digunakan yaitu korelasi kendall parsial dengan bantuan program SPSS Statistics 25 For Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan ada hubungan antara pelibatan orang tua dan kedisiplinan secara bersama-sama dengan kemandirian belajar peserta didik di SMPN Wiyung Surabaya. Ditemukan nilai r = 0,247, dan ditemukan niali F hitung sebesar 8,47 maka dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi antara pelibatan orang tua, kedisiplinan dan kemandirian belajar sangat signifikan.

Kata Kunci: pelibatan orang tua, kedisiplinan, kemandirian belajar, peserta didik

Published
2020-01-16
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 38