TEKNIK KONTRAK PERILAKU DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENYONTEK PESERTA DIDIK SAAT ULANGAN PADA KELAS VIII C SMP NEGERI 36 SURABAYA

  • MALIK YUSUF SAPUTRA
  • NAJLATUN NAQIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji teknik kontrak perilaku dalam konseling kelompok untuk mengurangi perilaku menyontek peserta didik saat ulangan pada kelas VIII C SMP Negeri 36 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ekperimen dengan metode one group pre-test dan post-test design. Subjek penelitian ini berjumlah lima peserta didik yang diambil berdasarkan dari kategori tinggi tingkat menyonteknya. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang akan dianalisis dengan statistik non parametrik melalui rumus wilcoxon signed rank tes. Teknik kontrak perilaku dalam konseling kelompok dapat mengurangi perilaku menyontek peserta didik secara signifikan dengan ketetapan (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05. Dapat diperoleh hasil dari asymp.sig (2-tailed) bernilai p = 0,043 maka nilai 0,043 lebih kecil dari nilai taraf kesalahan 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik kontrak perilaku dalam konseling kelompok dapat mengurangi perilaku menyontek peserta didik kelas VIIIC SMP Negeri 36 Surabaya.

Kata Kunci : teknik kontrak perilaku, konseling kelompok, perilaku menyontek

Published
2020-01-17
Section
Articles
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 187