PENERAPAN SINEMA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BUDURAN SIDOARJO

  • ADINDA ANANDA TERRY

Abstract

Penelitian ini berawal dari siswa yang kurang resilien dalam menghadapi masalah sehingga siswa belum mampu untuk bertahan dalam menghadapi kondisi yang tidak sesuai dengan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah sinema edukasi dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre experimental design dengan bentuk desain one group pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini akan diberikan pre-test terlebih dahulu, kemudian diberikan perlakuan sinema edukasi dalam bentuk layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan resiliensi setelah itu diberikan post-test untuk mengukur ada perbedaan atau tidak antara pre-test dan post-test. Alat ukur dalam penelitian ini adalah angket resiliensi 47 item dengan skala Likert. Metode pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Siswa yang terindikasi memiliki resiliensi rendah dijadikan subyek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 7 siswa kelas VIII-F. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric analisis uji wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan = 0,018 < α = 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji wilcoxon mengenai penerapan sinema edukasi untuk meningkatkan resiliensi siswa juga menunjukkan bahwa ada perbedaan antara skor pre-test dan skor post-test. Hasil perhitungan rata-rata sebelum diberika perlakuan yaitu 123,42 dan 134,57. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis penelitian yang berbunyi hipotesis “penerapan sinema edukasi dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas VIII-F di SMPN 1 Buduran Sidoarjo” diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan sinema edukasi dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas VIII-F di SMPN 1 Buduran Sidoarjo.

Kata Kunci: penerapan, sinema edukasi, resiliensi

Published
2020-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 419