PENERAPAN STRATEGI SELF MANAGEMENT (PENGELOLAAN DIRI) UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 36 SURABAYA

  • SUHENDRA BIMO WICAKSONO

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menguji penerapan strategi Self Management dalam mengurangi kecanduan media sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 36 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah pre-experimen dengan one –group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa kelas VIII yang mempunyai kecenderungan kecanduan media sosial dengan katergori tinggi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah statistic non-parametric dengan uji Wilcoxon. Hasil analasis data pre-test dan post-test, dengan uji wilcoxon, dapat diperoleh bahwa nilai Z yang didapat sebesar -1,604 dengan p value (Asymp. Sig. 2-tailed) = 0,109. Dimana Lebih dari batas kritis penelitian karena nilai 0,109 lebih besar dari <0,05, sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima, artinya ada perbedaan hasil Kecanduan media sosial untuk pre-test dan post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Self Management (Pengelolaan Diri) dapat digunakan untuk mengurangi kecanduan media sosial siswa. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa ada perubahan skor antara sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan yang menggunakan strategi Self Management (Pengelolaan Diri) dalam mengurangi kecanduan media sosial pada siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Surabaya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Self Management (Pengelolaan Diri) dapat mengurangi keanduan media sosial kelas VIII F di SMP Negeri 36 Surabaya.

Kata Kunci: strategi self management, kecanduan media sosial
Published
2020-01-24
Section
Articles
Abstract Views: 471
PDF Downloads: 641